Headlines News :
Home » , » Berencana Umroh atau Berkunjung ke Jazirah Arab ? Perhatikan Anjuran Berikut

Berencana Umroh atau Berkunjung ke Jazirah Arab ? Perhatikan Anjuran Berikut

Written By kimbintangtimur.com on Minggu, 01 Juni 2014 | 22.17

 
Bagi masyarakat yang berencana melakukan ibadah umroh atau bepergian ke daerah Jazirah Arab dalam waktu dekat, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen PP dan PL) Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE, menyampaikan berapa anjuran agar selalu sehat dalam perjalanan (30/4).

Pertama, selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) seperti makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup. Hal ini penting dilakukan karena penyakit timbul karena adanya ketidakseimbangan antara Host (Manusia), Agent (Penyakit) dan Environment (Lingkungan).

Kedua, rajin mencuci tangan pakai sabun (CTPS), karena secara ilmiah cuci tangan dapat mencegah penularan penyakit.

Ketiga, sebisa mungkin menggunakan masker apabila sedang berada pada kerumunan orang.

Keempat, apabila mengidap penyakit kronis (contoh: Diabetes, Penyakit Jantung Kronis, Gangguan Ginjal), segera melakuan cek up medis sebelum keberangkatan dan gunakan obat-obat  rutin secara teratur.

Kelima, ketika dalam bepergian terdapat keluhan bantuk, demam, sesak napas dan sebagainya) dan dalam 1 2 hari kondisi tubuh semakin menurun, segera berkonsultasi dengan petugas kesehatan.

Enam, apabila dalam kurun waktu 14 hari sekembalinya ke Tanah Air terserang bantuk, demam, sesak napas  dan sebagainya) dan dalam 1 2 hari kondisi tubuh semakin menurun, segera berkonsultasi dengan petugas kesehatan.

Tujuh, terkait penyakit MERS CoV ini mungkin saja berubah dari hari ke hari, untuk itu perlu selalu mengikuti perkembangan berita aktual tentang penyakit tersebut.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline <kode lokal> 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.depkes.go.id dan alamat email kontak@depkes.go.id

Sumber : Depkes.go.id
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

By : KIM Bintang Timur

Jumlah Kunjungan

Arsip Blog

Kasih Jempol Ya...!

 
Blog Site : http://kimbintangtimur.blogspot.com/
Copyright © 2011. KIM Bintang Timur - All Rights Reserved
Editing Template By : Team Of KIM Bintang Timur
Sekretariat : Jl. Baureno - Kepohbaru No.115 Ds. Woro Kec. Kepohbaru Kab. Bojonegoro Prov. Jatim