Headlines News :
Home » » Stok Air Waduk Pacal Hanya Tersisa Sebulan

Stok Air Waduk Pacal Hanya Tersisa Sebulan

Written By kimbintangtimur.com on Selasa, 27 Mei 2014 | 04.00


 Bojonegoro (Media Center) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur, kembali mengingatkan petani. Peringatan tersebut berupa antisipasi atas menipisnya persedian air yang dibutuhkan untuk mengairi lahan warga.

“Persediaan air di waduk pacal kian menipis. Bahkan, jika tidak diatur satu bulan saja dipastikan stok air ini sudah habis,” kata Kepala Dinas Pengairan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Edy Susanto (26/5/2014).
Ia menjelaskan, mulai saat ini pengaturan aliran air di Waduk Pacal menggunakan sistem proposional. “Waduk pacal kini dan dulu jauh berbeda, jika dulu waduk pacal memiliki kapasitas 45 juta meter kubik kini hanya tinggal separonya saja,” tambahnya.

Ironisnya, menurut Edy, penurunan kapasitas Waduk Pacal justru berbanding terbalik dengan luasan areal pertanian yang terus mengalami peningkatan. Menurut Edy Susanto, saat ini saja areal pertanian yang bergantung pada waduk pacal mencapai 16.688 hektar sedangkan jumlah air terus menurun karena pendangkalan yang dialami waduk pacal.

Dinas Pertanian bersama Petani yang tergabung dalam Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA), saat ini juga  sedang membicarakan tentang Rencana Tata Tanam Global (RTTG).

Lebih lanjut, pihaknya menghimbau agar petani tidak lagi memaksakan diri untuk tetap menanam padi di akhir masa panen ini. Bojonegoro saat ini telah memasuki masa panen kedua. (*/hms/mcb)

Sumber : kanalbojonegoro.com/stok-air-waduk-pacal-hanya-tersisa-sebulan/
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

By : KIM Bintang Timur

Jumlah Kunjungan

Arsip Blog

Kasih Jempol Ya...!

 
Blog Site : http://kimbintangtimur.blogspot.com/
Copyright © 2011. KIM Bintang Timur - All Rights Reserved
Editing Template By : Team Of KIM Bintang Timur
Sekretariat : Jl. Baureno - Kepohbaru No.115 Ds. Woro Kec. Kepohbaru Kab. Bojonegoro Prov. Jatim