Headlines News :
Home » , » Nganggurnya Lahan Tanam

Nganggurnya Lahan Tanam

Written By kimbintangtimur.com on Kamis, 04 September 2014 | 02.11

KIM BINTANG TIMUR. Musim kemarau kali ini benar benar tidak seperti kemarau yang sudah sudah. Tidak semua petani bisa memanfaatkan lahannya. Seperti di Wilayah Timur Bojonegoro kalo kita mau mengamati secara seksama maka akan tampak oleh kita beberapa lahan pertanian yang tidak ditanami alias bero.

Sebenarnya para petani tersebut juga tidak menginginkan lahan pertanian mereka mangkrak seperti itu. Selama ini tiap kemarau mereka kebanyakan serempak menanam Tembakau. Tapi karena berbagai faktor penyebab pada awal musim kemarau yang menjadikan para petani tersebut membiarkan lahan pertanian kosong.
Faktor penyebab diantaranya cuaca kurang mendukung, keraguan pasar penjualan, kesulitan air, mepetnya waktu untuk menanam tanaman kemarau atau bahkan kesulitan tenaga untuk mempersiapkan lahan dan lain lain.

Untuk petani yang menggarap lahan sawah mereka sendiri, keadaan seperti ini tidak begitu kendala. Bagi petani yang lahannya adalah sewaan tentu satu kerugian bagi mereka. Untuk menyiasati kekosongan waktu banyak di antara mereka yang memilih untuk menambah penghasilan lewat menjual tenaga alias bekerja kasar, ada yang jadi kuli bangunan, menggarap lahan orang lain secara harian, bahkan ada yang jualan keliling atau nyales.  

Kondisi seperti ini kami amati hampir ada di setiap desa yang terletak di Wilayah Timur Bojonegoro seperti Kecamatan Kepohbaru, Kecamatan Baureno. ( Alut )
Share this article :

1 komentar:

  1. Set a cap for how a lot you are OK with losing without limiting how a lot have the ability to|you probably can} win, says Frank Scoblete, author of Beat Blackjack Now. A very attention-grabbing free on-line blackjack coach could be found right here. The promotion offered on this web page was obtainable at the time of writing. With some Casino promotions changing on day by day basis, we suggest you to verify on the site if it still obtainable. 바카라 사이트 Also, please do not forget to read the terms and situations in full before you settle for a bonus.

    BalasHapus

By : KIM Bintang Timur

Jumlah Kunjungan

Arsip Blog

Kasih Jempol Ya...!

 
Blog Site : http://kimbintangtimur.blogspot.com/
Copyright © 2011. KIM Bintang Timur - All Rights Reserved
Editing Template By : Team Of KIM Bintang Timur
Sekretariat : Jl. Baureno - Kepohbaru No.115 Ds. Woro Kec. Kepohbaru Kab. Bojonegoro Prov. Jatim